Top Banner Advertisement

Pempek Lenjer


Pempek Lenjer

Setelah dicoba, pempek lenjer ternyata paling mudah dibuat dibanding dengan jenis pempek lain. Adonan yang diperlukan hanya merupakan adonan dasar pempek. Ketika takaran ikan tenggiri diperbanyak dan sagu dikurangi dengan tujuan untuk mendapatkan pempek dengan rasa ikan yang dominan, ternyata membentuknya jadi agak sulit. Cara mengatasinya adalah gunakan daun pisang untuk alas dan lumuri dengan sagu, guling-gulingkan adonan dengan menggunakan daun pisang juga sehingga adonan tidak langsung bersentuhan dengan tangan. Dengan cara ini adonan tidak lengkat dan rasa ikan dalam pempek sangat dominan, gurih.

Bubur tepung terigu:

15 gram tepung terigu. 150 ml air. 1/2 sendok makan garam. 1 sendok makan gula pasir. 2 siung bawang putih dihaluskan.

Bahan:

250-500 gram daging giling tenggiri dihaluskan. 1 butir telur. 100-300  gram tepung sagu tani. 1 sendok makayn minyak goreng.

Cara membuat:

Campurkan bahan bubur menjadi satu, masak di atas api kecil sampai menjadi bubur. Angkat, aduk terus hingga dingin. Setelah dingin masukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit. Campurkan ke dalam mangkuk besar, ikan tenggiri halus, minyak, dan telur. Aduk rata. Masukkan bubur terigu, aduk hingga tercampur. Masukkan tepung sagu tani sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata. Bentuk adonan menjadi menyerupai silinder. Masukkan ke dalam air yang mendidih. Rebus hingga terapung. Angkat dan tiriskan, biarkan dingin. Goreng pempek dalam banyak minyak sampai kekuningan (matang). Iris sesuai selera. Sajikan bersama kuahnya.

Kuah pempek

Bahan:

250 gula merah, sisir. 50 gram gula pasir. 30 gram asam jawa. 650 ml air. 3-5 siung bawang putih, haluskan. 1 sendok teh garam. 2 sendok teh cuka.

Cara membuat:

Didihkan gula merah, gula pasir, asam jawa, dan air lalu saring buang ampasnya. Masukkan bawang putih dan garam. Didihkan kembali, angkat dan dinginkan. Masukkan cuka, aduk rata. Siap dihidangkan

 

 

 

  • Judul : Pempek Lenjer
  • Di tulis oleh :
  • Tanggal : 30 September 2014
  • Kategori : Resep Makanan dan Minuman
  • Tags : Pempek Lenjer, Pempek Palembang, Pempek Ikan tenggiri gurih


Top