Top Banner Advertisement

Ramping Sehat Berkat Tanaman Obat


Ramping dan Sehat Berkat Tanaman Obat (1)

Hampir semua orang menginginkan berat badan ideal. Berat badan yang pas bukan hanya baik untuk penampilan tetapi juga demi kesehatan. Namun, tidak semua orang dapat dengan mudah mempertahankan berat badan agar tetap langsing dan sehat. Tuntutan kerja dan kondisi zaman membuat orang sulit mengatur pola makan sehat dan susah menyisihkan waktu untuk berolah raga agar tubuh langsing dan bugar. Selain mengatur pola makan dan berolah raga ada banyak cara lain untuk langsing, salah satunya dengan memanfaatkan herbal atau tanaman Obat. Namun, perlu diperhatikan ada supplemen pelangsing berbahan herbal yang mungkin tidak aman untuk Anda.

Temumangga (Curcuma mangga) atau di tanah Sunda disebut koneng lalab dan dikenal juga dengan nama white turmeric (kunyit putih). Biasanya kunyit putih dimakan sebagai sayuran (lalab) bukan dijadikan bubuk untuk bumbu. Pada perawatan pasca melahirkan, rimpang temumanga dapat dikunyah untuk mengecilkan rahim dan mengurangi lemak perut. Manfaat kunyit putih sebagai pelancar asi dapat diperoleh dengan cara dengan menumbuk 1 rimpang kunyit sampai halus dan dioleskan di seputar buah dada dua kali sehari. Jadi, kunyit putih tidak hanya baik untuk sang ibu tetapi juga untuk bayi. Ibu langsing, bayi sehat. Bahan aktif yang terkandung dalam temumangga dan paling banyak diteliti adalah curcumin. Curcumin mengurangi pembentukan jaringan lemak dengan cara menekan pembuluh darah yang diperlukan untuk pembentukan jaringan lemak. Pencegahan pembentukan jaringan lemak ini yang membantu menurunkan kadar lemak sehingga mengurangi berat badan.

Labu kuning (Cucurbita moschata) disebut juga labu parang, waluh. Labu parang bersifat diuretik sehingga mampu meluruhkan endapan lemak yang menempel di pembuluh darah dan memperbaiki sistem metabolisma tubuh. Ekstrak dari batang Cucurbita moschata yang dalam larut air dengan nama kode PG105 mempunyai efek antiobesitas. Penelitian dengan hewan percobaan tikus membuktikan ekstrak tersebut dapat mencegah kegemukan dengan cara mengendalikan metabolisma lemak. Selain itu, PC105 mencegah pembentukan lemak berlebih pada organ hati dan meningkatkan aktivitas antioksidan. Penggunaan PG105 dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserin secara signifikan dalam darah. Data hasil penelitian menunjukkan PG105 mempunyai potensi besar sebagai agen anti-obsesitas karena mampu mencegah produksi lemak dan mempercepat pemecahan asam lemak. Penelitian selanjutnya mengisolasi bahan aktif biologis yang terkandung dalam ekstrak tersebut. Saat dimurnikan komponen utamanya dipastikan sebagai Dehydrodiconiferyl alcohol (DHCA). Data menyimpulkan bahwa DHCA memengaruhi adipogenesis (pembentukan jaringan lemak) dan Lipogenesis (pengubahan karbohidrat dan protein menjadi lemak). DHCA menurunkan penumpukan lemak tanpa memengaruhi kemampuan sel untuk berkembang.

Kayu Angin (Usnea barbata) mempunyai kandungan utama usnic acid. Di Amerika Serikat, ekstrak alami usnic acid atau usnic acid murni selama ini dipasarkan sebagai suplemen diet untuk membantu menurunkan berat badan. Food and Drug Administration (FDA) Amerika telah menerima laporan tentang keracunan hati terkait konsumsi suplemen diet yang mengandung usnic acid. Pada tahun 2001 laporan tersebut mendorong FDA mengeluarkan peringatan tentang suplemen seperti itu, yakni LipoKinetix . Namun, belum jelas apakah keracunan yang ditimbulkan oleh LipoKinetik disebabkan oleh Usnea. Selanjutnya, toksisitas usnic acid dan Usnea barbata dievaluasi oleh NTP (National Toxicology Program). Jadi, hati-hati menggunakan suplemen penurun berat badan. Periksa terlebih dahulu zat yang terkandung di dalamnya.

Kayu Manis (Cinnamon)

Kayu manis dapat membantu meningkatkan metabolisma dan punya manfaat besar bagi peredaran gula darah. Jadi, Kayu manis merupakan bumbu masakan ideal bagi penderita diabetes. Kemampuan kayu manis dalam meningkatkan metabolisma glukosa sekitar 20 kali lebih tinggi. Sifat lain dari kayu manis adalah mengencarkan darah sehingga peredaran darah meningkat. Secara umum tingginya aliran darah juga meningkatkan metabolisme. Kelancaran metabolime inilah yang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, harus diperhatikan jangan mengonsumsi kayu manis bersamaan dengan obat pengencer darah yang lain. Bahan utama yang menyebabkan darah Anda encer adalah Coumarin, zat yang ada dalam dosis tinggi (4%) di Cassia Cinnamon tetapi ada dalam dosis rendah (0,04) dalam Ceylon Cinnamon. Coumarin bersifat menimbulkan racun yang dapat merusak organ hati. Nah, hati-hati mengonsumsi Cassia Cinnamon untuk menurunkan berat badan karena bisa menimbulkan kerusakan pada hati. Maka bijaklan memilih jenis kayu manis, kayu manis jenis Ceylon Cinnamon tentunya lebih baik. Perlu diketahui perbedaan Cassia Cinnamon dan Ceylon Cinnamon . Cassia berasal dari Cina dan Indonesia Ceylon berasal dari Sri lanka, Ceylon lebih jarang ada dan lebih mahal, Ceylon berwarna lebih muda dan rasanya lebih ringan. Dalam bentuk bubuk sulit dibedakan tetapi dalam bentuk batang lebih nyata perbedaannya. Cassia terdiri dari lapisan tebal batang yang bergulung, sedangnya lapisan Ceylon lebih tipis dan tampak lebih berserat . Selanjutnya tentu saja perlu dipahami bahwa konsumsi kayu manis dalam upaya menurunkan badan harus disertai program diet yang sehat dan olah raga. Sebab, kayu manis tidak begitu saja menyingkirkan lemak tubuh. Namun, kayu manis dapat mencegah bertambahnya lemak tubuh.

Tips Ringkas Labu kuning sebagai penurun kholesterol:

Siapkan labu kuning (Cucurbita moschata) buang kulit dan bijinya. Kukus 1 kg daging labu kuning dengan 1 liter air selama setengah jam sampai daging buah lunak. Hasil berupa 3 gelas air kukusan. Dinginkan air kukusan. Minum air kukusan ini 3 kali sehari, pagi, siang dan sore secara rutin sampai gejala sakit akibat kholesterol tinggi berkurang.

 

 

 

 

  • Judul : Ramping Sehat Berkat Tanaman Obat
  • Di tulis oleh :
  • Tanggal : 21 November 2014
  • Kategori : Herb and Health
  • Tags : Temumangga, Kunyit Putih, Perawatan pasca melahirkan, kecilkan rahim, lancarkan asi, Curcumin, Labu kuning (Cucurbita moschata), Ceylon Cinnamon, Cassia Cinnamon, Coumarin, Anti obesitas, Kayu Angin, Usnea barbata, LipoKinetik, kholesterol, penurun kholes


Top