Top Banner Advertisement

TIGA MENU SERASI


TIGA MENU SERASI

Tiga menu sederhana ini mudah sekali memasaknya, bahannya pun tidak sulit didapat. Pilihan sempurna untuk menu sehari-hari. Silakan Coba!

Ayam Goreng Kencur

Bahan:

1 ekor ayam pejantan, cuci bersih, potong menjadi enam bagian.1/2 butir kelapa dikupas lalu diparut kasar. 10 lembar daun jeruk purut . 500 ml air. Minyak untuk menggoreng.

Bumbu halus:

8 siung bawang merah. 3 siung bawang putih. 6 cm kencur. 1 sendok teh garam. 3 butir kemiri. 3 cm jahe. 1 sendok teh gula pasir

Cara membuat:

Tumis bumbu bersama daun jeruk sampai wangi. Didihkan air lalu masukkan ayam, bumbu halus yang telah ditumis, dan parutan kelapa. Rebus sampai air mengering, lalu angkat ayam dan dinginkan. Goreng ayam yang telah didinginkan dan bumbu kelapa sampai kecoklatan. Untuk hasil optimal bumbu kelapa bisa digoreng terpisah sehingga ayam dan bumbu kelapa dengan kematangan yang pas dan warna menarik (bumbu kelapa tidak terlalu gosong).

TIPS: Agar ayam terasa gurih, garam bisa dioleskan merata ke badan ayam sesaat sebelum dimasak

Buncis Kuah Segar

Bahan:

350 gram buncis muda, buang serat sisi dengan memotong ujung buncis dan menariknya, lalu iris serong. 250 ml santan kental dari ½ butir kelapa. 5 buah cabai merah, iris tipis serong. 2 lembar daun salam. 1 cm lengkuas, memarkan. ½ sendok makan air asam jawa. 1 sendok teh garam. 1 sendok teh gula pasir.

Bumbu yang dihaluskan:

5 buah cabai merah. 1 sendok teh kencur cincang. 3 siung bawang putih.

Cara memadak:

Tumis irisan cabai dan bawang merah dengan 3 sendok makan minyak goreng sampai layu. Masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas dan santan kental masak sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan buncis, garam, dan gula. Aduk sesekali sampai kuah mengental. Siap dihidangkan.

Tempe Goreng Tepung

Bahan:

Tempe, bumbu tepung tempe siap pakai, dan minyak goreng.

Cara memasak:

Iris tipis tempe. Campur tempe dengan air sesuai takaran yang terter di kemasan. Masukkan tempe ke dalam adonan tepung hingga terbalut sempurna. Goreng tempe dalam minyak panas yang banyak sampai merendam tempe. Goreng tempe sampai kuning kecoklatan

  • Judul : TIGA MENU SERASI
  • Di tulis oleh :
  • Tanggal : 25 Desember 2014
  • Kategori : Resep Makanan dan Minuman
  • Tags : padu padan menu, padanan ayam goreng, menu serasi, tempe tepung, ayam goreng kencur, buncis kuah segar


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Komentar :

Tambah Komentar





Top