Top Banner Advertisement

CARA ALAMI MENGATASI KRAM PERUT DAN GANGGUAN MENSTRUASI


Cara Alami Mengatasi Kram Perut dan Gangguan Menstruasi (Haid)

Setiap wanita normal terlahir dengan dilengkapi organ tubuh khas wanita yakni dua ovarium, saluran tuba falopi dan uterus. Ketika seorang gadis tumbuh dewasa dan memasuki masa pubertas, kelenjar di bawah otak (pituitary gland) mengeluarkan hormon yang merangsang ovarium untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Hormon ini memengaruhi proses pertumbuhan fisik menjadi dewasa.

Sejak saat itu, sekitar satu bulan sekali terjadilah ovulasi, yakni sebuah telur keluar dari salah satu ovarium, telur menyusuri tuba palopi menuju ke uterus. Beberapa hari sebelum ovulasi hormon estrogen merangsang uterus untuk membangun lapisan dengan darah dan jaringan tambahan sehingga dinding uterus jadi tebal dan bersifat melindungi. Artinya uterus bersiap melindungi telur yang dibuahi sel sperma dan berkembang menjadi janin dalam uterus selama kehamilan. Apabila telur tersebut tidak dibuahi, telur tidak akan menempel di dinding uterus. Ketika ini terjadi, lapisan jaringan ekstra di dinding uterus tersebut akan luruh. Maka, darah, jaringan dan telur yang tidak dibuahi meninggalkan uterus, menyusuri jalan lahir dan keluar dari tubuh melalui vagina. Inilah yang disebut periode menstruasi.    

Proses alami ini terjadi hampir setiap bulan kecuali tentunya saat kehamilan. Saat menstruasi pertama atau menarke berbeda-beda, ada gadis yang mengalaminya ketika masih sangat belia 9 tahun adapula yang baru mengalaminya ketika usia 15 tahun. Menstruasi yang berulang setiap bulan pada akhirnya membentuk siklus menstruasi, dihitungsejak awal satu periode ke awal periode berikutnya. Siklus ini bervariasi antara 24 hari, 28 hari, 30 hari atau lebih lama lagi. Setelah menarke siklus menstruasi berlangsung 21-45 hari. Setelah beberapa tahun siklus jadi lebih singkat, yakni 21 sampai 34 hari. Apabila gadis yang baru mengalami alam gejala menstruasi periodenya tidak teratur maka itu adalah suatu hal yang wajar. Tubuh perlu waktu untuk mengatasi banyak perubahan yang terjadi, sehingga bisa saja seorang gadis mengalami siklus mentruasi 28 hari selama 2 bulan lalu sebulan berikutnya tidak menstruasi sama sekali. Biasanya setelah satu atau dua tahun mengalami mentruasi, siklusnya jadi teratur. Meskipun demikian, ada sebagian gadis yang mengalami siklus tidak teratur sampai usia dewasa. Bilamana seorang gadis semakin dewasa dan periode menstruasinya semakin teratur, jadi terbiasa dengan siklusnya yang khas, iadapat memperkirakan waktu menstruasinya. Ada baiknya gadis mencatat siklus menstruasinya dengan menggunakan kalender sehingga kita mengenal menstruation cycle yang dialami apakah teratur atau tidak. Ini akan bermanfaat untuk banyak hal, misalnya kelak saat merencanakan kelahiran, atau setidaknya mencegah pakaian ternoda karena tidak siap saat menstruasi datang karena kita sudah siap dengan memakai pembalut wanita.

Satu hal yang sangat menganggu banyak wanita adalah kram perut yang menyerang sebelum atau selama mengalami menstruasi. Gangguan ini termasuk ke gejala Premenstrual Syndrome (PMS). Sebagian wanita merasakan kram perut ini hanya membuat jengkel saja, tetapi bagi sebagian lain cukup mengganggu aktivitas selama beberapa hari setiap bulan. Hal ini bis membuat depresi. Kram perut bisa disebabkan oleh sesuatu yang bisa diidentifikasi, misalnya endometriosis, uterine fibroid. Lima hal yang bisa menimbulkan masalah menstruasi atau Menstruation problems adalah sebagai berikut :

  • Endometriosis. Ini kondisi yang sangat menyakitkan, jaringan yang melapisi uterus mulai tumbuh berkembang keluar uterus Anda, dan paling sering dalam tuba falopi, ovarium atau jaringan yang melapisi permukan pelvis Anda.
  • Uterine fibroids. Perkembangan dalam dinding uterus tetapi bukan kanker ini bisa jadi menjadi penyebab rasa sakit.
  • Adenomyosis. Dalam kondisi ini, jaringan yang melapisi uterus mulai berkembang ke dinding otot uteus.
  • Pelvic inflammatory disease (PID). Infeksi yang menyerang organ reproduksi wanita ini biasanya diakibatkan okeh bakteri yang tersebar melalui hubungan seksual.
  • Cervical stenosis. Pada sebagian wanita, lubang/bukaan serviks sangat kecil sehingga menghambat aliran darah mentruasi sehingga menyebabkan meningkatnya tekanan dalam uterus yang terasa menyakitkan.

Mengatasi penyebab mendasar adalah kunci untuk mengurangi rasa sakit. Apabila kram perut selama menstruasi bukan disebabkan penyebab mendasar tersebut, biasanya cenderung dapat berkurang seiring bertambahnya usia dan seringkali semakin membaik begitu wanita tersebut melahirkan.

Mengapa kita mengalami kram perut saat menstruasi? Kram disebabkan oleh kontraksi otot uterus membantu meluruhkan lapisan permukaan yang hendak dilepasnya. Uterus yang merupakan rongga tempat bayi tumbuh ini berkontraksi selama siklus menstruasi. Zat menyerupai hormon (prostaglandins) yang turut jadi penyebab rasa sakit dan timbulnya pembengkakkan memicu kontraksi otot uterin. Tingginya kadar prostaglandins berhubungan dengan kram yang lebih parah selama menstruasi. Konstraksi yang parah bisa saja menghambat pembuluh darah memberi pasokan oksigen ke uterus. Rasa sakit terjadi akibat otot sejenak kehilangan pasokan oksigen, nyeri yang diakibatkannya sebanding dengan sakit dada akibat pembuluh darah yang terhambat sehingga kekurangan pasokan makanan dan oksigen dari hati.

Gejala kram perut selama menstruasi atau PMS Sysmtoms:

  • Rasa sakit melilit dan otot kejang di bagian perut bawah terasa sangat menganggu
  • Sakit yang terus menerus dan membosankan
  • Sakit menyebar ke bagian punggung bawah dan kedua paha

Sebagian wanita juga merasakan:

  • Mual
  • Sakit kepala berdenyut-denyut atau serasa kepala ditusuk-tusuk
  • Pusing serasa berputar-putr atau melayang

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit

  • Olah raga. Penelitian membuktikan bahwa olah raga teratur dapat mengurangi rasa sakit perut selama menstruasi.
  • Air hangat. Berendam dengan air hangat atau mengompres perut bagian bawah dengan botol berisi air panas atau bantal karet berisi air panas bisa juga meredakan kram perut akibat menstruasi. Cara ini dapat sama efektifnya dengan obat penahan rasa sakit untuk meredakan kram perut akibat menstruasi.
  • Makanan tambahan. Sejumlah penelitian menunjukkn bahwa makanan tambahan seperti vitamin E, omega-3 fatty acids, vitamin B-1 (thiamine), vitamin B-6 dan
  • Menghindari minuman mengandung alkohol dan rokok. Alkohol dan tembakau adalah dua zat yang dapat memperparah kram perut akibat menstruasi.
  • Mengurangi stress. Stress psikologis dapat mempertinggi risiko terjadinya kram perut akibat menstruasi dan tingkat keparahannya. Kenali gejala depresi atau sysmtoms of depression

Selain lima cara tersebut, berikut ini ada beberapa herbal yang dapat mengurangi nyeri haid. Penelitian di Teheran membuktikan pemberian 500 mg jahe (zingiber officinale) dalam bentuk bubuk selama 5 hari pada penderita nyeri haid dapat meringankan dalam hal intensitas dan mengurangi lama waktu sakit. Berikut ini ramuan untuk mengatasi gangguan terkait menstruasi.

Ada berbagai ramuan untuk mengatasi menstruasi tidak lancar yang dikutip dari buku, jika penyebabnya bukan karena kanker di rahim atau seputar indung telur Anda bisa mencoba salah satu di bawah ini:

Ramuan 1

Bahan : 4 gr bunga cengkeh Syzygium aromaticun, 7 gr daun blustru Luffa cylindrica,4 gr adas Foeniculum vulgare, 10 gr asam trengguli Cassia fistula, 6 gr Pulosari Alyxia reindwardtii 13 Kencur Kaempferia galanga

Cara membuat :

Cengkih ditumbuk halus, Kencur dikupas lalu diiris dan digeprek. Campur semua bahan menjadi satu lalu seduh dengan air mendidih. Minum 1 gelas sehari setiap pagi.

Ramuan 2

Satu genggam daun iler Coleus scutellarioides dicuci hingga bersih, lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Angkat saring lalu dinginkan. Minum satu kali menjelang haid.

Ramuan 3

Dua lembar daun tanduk rusa Platycerum sp diiris tipis-tipis lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Minum ramuan ini satu minggu menjelang haid.

Ramuan 4

5 jengkal akar alang-alang Imperata cylindrica segar, 5 lembar daun sembung legi Blumea balsamifera muda, ½ gengam daun seribu Achilea millefolium, 11 lembar daun kumis kucing, 1 biji temulawak curcuma xanthorrhiza segar (sebesar telur ayam).legi Blumea balsamifera muda, ½ gengam daun seribu Achilea millefolium, 11 lembar daun kumis kucing Orthosiphon stamineus, 1 buah temulawak sebesar telur ayam

Cara Membuat:

Temulawak segar dikupas, lalu diiris tipis-tipis. Rebus temulawak bersama semua bahan lain dalam 5 gelas air. Masak hingga tersisa 3 gelas. Angkat dan saring. Minum ramuan ini selama 5 hari menjelang haid.

Ramuan 5

 

Haid terlambat:

Ambil 30 gr daun Ingu Ruta angustifolia lalu direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Angkat saring dinginkan. Minum 2 kali sehari setiap kali minum ½ gelas.

Namun, Anda harus segera menemui dokter apabila kram perut yang dialami melebihi kewajaran atau menduga adanya salah satu kelainan seperti Endometriosis. Uterine fibroids. Adenomyosis. Pelvic inflammatory disease (PID), Cervical stenosis, kanker dsb . Demikian informasi tentang nyeri saat menstruasi dan cara mengatasinya semoga artikel ini bermanfaat.

(Sumber ramuan: Herbal Indonesia Berkhasiat dan 100 Plus Herbal Indonesia- Trubus)

 

  • Judul : CARA ALAMI MENGATASI KRAM PERUT DAN GANGGUAN MENSTRUASI
  • Di tulis oleh :
  • Tanggal : 06 Januari 2015
  • Kategori : Herb and Health
  • Tags : kram perut, menstruasi, cara alami mengatasi nyeri haid. Premenstrual Syndrome, PMS, Sysmtoms of Depression, Menstruation Problems, Menstruation cycle, Premenstrual Dysphoric Dissorder


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Komentar :

Tambah Komentar





Top