Top Banner Advertisement

CARA SEHAT MEMPERCANTIK KULIT DENGAN INFUSED WATER


CARA SEHAT MEMPERCANTIK KULIT DENGAN INFUSED WATER

Kian hari kian banyak orang menyadari bahwa ada berbagai cara sehat untuk tampil lebih cantik, salah satunya dengan minum infused water. Apakah infused water itu? Infused water adalah air yang secara alami telah diperkaya rasa dan warnanya dengan ekstrak buah-buahan, sayuran atau herbal. Makna alami di sini adalah tanpa bahan kimia apa pun, juga tanpa bahan pengawet sama sekali. Maka, air ini sangat aman dan sehat untuk dikonsumsi. Cara terbaik untuk untuk hidup sehat adalah mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Penelitian membuktikan bahwa penyerapan cairan yang baik dan cukup oleh tubuh dapat meningkatkan konsentrasi dan produktifitas. Namun, seringkali kita kekurangan cairan karena malas meminum air putih yang rasanyahambar dan tergoda untuk mengonsumsi minuman tidak sehat. Infused water adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin membatasi konsumsi air bersoda atau air dengan kandungan gula tinggi. Mengonsumsi infused water untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan memberi Anda keuntungan karena infused water lebih kaya vitamin dan mineral daripada air putih biasa. Dibanding air putih biasa infused water punya rasa yang lebih segar dan nikmat. Aroma yang khas dan warna yang menarik membuat Anda ketagihan mengonsumsinya sehingga terhindar dari dehidrasi. Infused water memberi cara menyenangkan untuk memenuhi kebutuhan akan cairan tubuh. Satu hal penting lainnya, infused water yang kaya gizi menekan risiko Anda dari terkena berbagai macam penyakit.

Ada banyak sekali manfaat dari infused water ini. Jenis manfaat infused water bergantung dari bahan yang dikandungnya. Salah satu manfaat infused water adalah membuat kulit Anda lebih sehat, awet muda, dan cantik. Berikut ini infused water berbahan buah dan herbal yang berkhaisat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Infused water Semangka berkhasiat memperbaiki bekas luka di kuli dan mengencangkan kulit. Infused water Lemon dapat mencerahkan wajah, menghilangkan noda hitam di kulit bekas jerawat, menghaluskan kulit dan mengatasi kulit berminyak.Infused water Stroberi mengandung asam elagatyang membantu mengatasi peradangan pada kulit. Tomat mengandung Likopen dan flavonoid dengan kandungan dua zat tersebut infused water dari tomat memberi manfaat dapat mencerahkab wajah, mengatasi jerawat, dan mengurangi kulit berminyak.

Selain buah-buahan, sayuran pun dapat dijadikan bahan untuk membuat infused water. Sayur Kemangi dapat dijadikan bahan infused water juga, kandungan vitamin C dalam kemangi dapat membantu penyembuhan luka dan menjaga elastisitas kulit sehingga kulit Anda tetap lentur tidak keriput. Infused water dari Mentimun punya khasiat melembapkan kulit dan mencerahkan kulit berkat kandungan kalium di dalamnya. Mentimun juga mengandung asam kafeat yangmampu meredakan iritsi kulit dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit. Rajin mengonsumsi infused water mentimun bisa menghambat proses penuaan dan meremajakan kulit karena mentimun kaya akan vitamin E. Sementara itu, infused water yang dibuat dari Wortel bisa menghaluskan kulit karena tingginya kadar vitamin A dalam wortel.

Rempah berupa Cengkih merupakan bahan infused water yang berkhasiat untuk menghilangkan luka bekas jerawat dan mencegah timbulnya jerawat karena zat euganol yang dikandungnya. Rempah Kayu Manis pun dapat dijadikan bahan infused water, sifat antioksidannya mampu memperbaiki kerusakan organ dan menjaga kesehatan kulit. Infused water dengan bahan Daun ketumbar mengandung senyawa kafeat dan asam klorogenat yang mempunyai sifat antioksidan sehingga bermanfaat untuk mengurangi kerutan di kulit akibat radikal bebas.

Selain dibuat dari bahan tunggal, infused water bisa juga dibuat dari kombinasi dua atau tiga bahan. Untuk penampilan kulit yang sehat, cantik, dan awet muda, infused water dari kombinasi ceri, delima dan jeruk lemon adalah salah satu pilihan yang jitu. Sebab, infused water dari kombinasi tiga buah- buahan ini kaya akan antioksidan yang berkhasiat untuk mencerahkan wajah, menghilangkan noda hitam bekas jerawat, menghaluskan kulit, dan mengatasi masalah kulit berminyak. Kandungan fitosterol dalam delima menjaga kelembaban dan kelenturan kulit. Zat ini juga mencegah penuaan dini akibat sengatan matahari. Untuk tujuan yang sama, yakni kecantikan dan kesehatan kulit paduan mentimun dan kemangi bisa juga Anda pilih. Seperti yang telah dibahas di atas kalium dalam mentimun berguna untuk melembabkan kulit dan vitamin E yang ada dalam mentimun berperan menghambat proses penuaan dan membantu peremajaan kulit. Sementara itu, kelenturan kulit dapat diperoleh dari vitamin C yang terkandung dalam kemangi.

Cara membuat infused water cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan potongan buah, sayur, atau rempah dengan air dalam perbandingan tertentu lalu memasukkannya ke dalam wadah dan menutupkan rapat-rapat. Lalu wadah tersebut disimpan dalam lemari pendingin selama waktu tertentu. Wadah yang digunakan toples kaca atau pitcher kaca. Wadah dari plastik hanya dapat dipakai hanya apabila berkode 5. Pilih bahan buah atau sayur yang masih segar. Pastikan air yang digunakan air matang. Perbandingan antara bahan dan air berbeda bergantung jenis bahannya. Infused water semangka dibuat dengan 150 gram semangka dan 500 ml air . Begitu pula stroberi dan Tomat buah yang dibutuhkan sebanyak 150 gram sedangkan airnya 500 ml. Berbeda dengan tiga jenis buah tersebut, mentimun yang diperlukan hanya sebanyak 120 gram untuk dimasukkan ke dalam 500 ml air. Sementara itu infused water Wortel bisa dibuat dari 100 gram wortel dan 500 ml air. Sebanyak 25 gram kemangi dan 500 ml air diperlukan untuk membuat Infused water Kemangi. Siapkan 40 gram atau satu setengah sendok malan cengkih dan 500 ml air untuk membuat infused water dari cengkih. Sediakan 30 gram atau 5 batang Kayu manis untuk dimasukkan ke dalam 500 ml air untuk membuat infused water Kayu manis. Jika ingin membuat infused water daun ketumbar, maka yang dibutuhkan adalah 20 gram daun ketumbar dan 500 ml air. Bahan dari buah harus dikupas, agar kandungan zatnya dapat larut dalam air. Setelah dimasukkan ke dalam stoples dan ditutup rapat, simpan dalam lemari pendingin selama 4-5 jam.

Selanjutnya Anda juga dapat membuat infused water dengan kombinasi dua atau tiga bahan. Kombinasi tiga bahan tersebut bisa berupa campuran buah, buah dengan sayuran, buah dengan rempah atau sayur dengan rempah boleh pula kombinasi buah, sayur, dan rempah. Khusus untuk kecantikan kulit, di sini ditampilkan 2 pilihan resep. Pertama Infused water yang dibuat dari 1 liter air dengan 100 gram ceri, 100 gram delima dan 1 buah lemon. Resep kedua berbahan 2 buah mentimun, 3 batang kemangi, dan 1 liter air. Lama penyimpanan dalam lemari es 4-5 jam.

Petunjuk praktis untuk waktu penyimpanan saat membuat infused water adalah 1-2 jam pada temperatur ruang atau 3-4 jam di lemari es sehinnga Anda mendapatkan rasa dan warna yang kuat. Apabila menginginkan air infused water yang beraroma buah yang kuat dan tajam, Anda dapat menyimpannya semalaman atau sampai dua belas jam. Namun, jika Anda membuat infused water dengan menyimpan potongan buah atau herbal dalam wadah berisi air di lemari les lebih dari empat jam, pastikan untuk mengeluarkan buah dan herbal dari dalam air setelah empat jam, lalu simpan infused water dalam lemari es paling lama sampai tiga hari. Mengeluarkan buah dari air akan mencegah buah membusuk dalam air dan berpotensi menimbulkan aroma tidak sedap. Jadi, infused water yang dibuat dengan disimpan dalam lemari es dapat bertahan selama tiga hari, tetapi infused water yang tidak disimpan di lemari es harus diminum pada hari yang sama pada saat dibuat. Sebaiknya air yang digunakan air dingin atau bersuhu ruang, air panas dapat merusak enzim dan vitamin bersifat rapuh yang terkandung dalam buah padahal enzym dan vitamin tersebut bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, air panas juga dapat membuat buah jadi terburai sehingga kurang cantik penampilannya.

Paling aman dan berhasil paling baik jika buah-buahan atau herbal yang digunakan untuk infused water merupakan buah-buahan dan herbal segar organik. Buah dan herbal segar mengandung zat gizi yang lengkap. Buah dan herbal organik aman karena bebas pestisida. Untuk menghindari pestisida, kupas buah-buahan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke air untuk membuat infused water. Apabila buah tersebut tidak bisa dikupas maka bilas buah dengan baik atau bilas dengan air cuka untuk menghilangkan pestida yang menempel di buah.

Terakhir yang harus diingat, ada beberapa jenis buah yang tidak disaranka untuk dijadikan bahan infused water. Buah-buahan tersebut adalah: Durian, sebab teksturnya yang lembek kurang cocok untuk dijadikan infused water, kadar alkoholnya tinggi, dan memiliki bau yang kurang disukai sebagian besar orang. Nangka tidakdisarankn untuk dijadikan bahan infused water karena mengandung gas yang dapat menimbulkan efek kembung di perut. Avokad tidak cocok untuk bahan infused water karena cenderung hambar dan mudah hancur saat direndam serta mudah berubah warna jadi cokelat. Jambu biji juga tidak cocok untuk infused water karena ektrak daun biji dominan sepat dan tidak berasa (hambar). Buah naga juga sebaiknya tidak dibuat infused water karena teksturnya lembek dan hambar saat terendam air. Sawo punya sifat bertekstur lembek, bergetah, dan memiliki rasa manis yang dominan,semua sifatnya ini membuat buh sawo tidak disarankan untuk dijadikan bahan infused water.

Demikianlah bagaimana infused water dapat dijadikan cara untuk membuat kulit Anda cantik, sehat, mulus, dan awet muda. Pada waktu lain akan dibahas manfaat lain infused water, tentunya dengan bahan buah-buahan dan herbal yang berbeda. Anda tertarik? Selamat mencoba..

  • Judul : CARA SEHAT MEMPERCANTIK KULIT DENGAN INFUSED WATER
  • Di tulis oleh :
  • Tanggal : 17 Februari 2015
  • Kategori : Herb and Health
  • Tags : KULIT CANTIK, KULIT SEHAT, INFUSED WATER, KULIT MULUS ALAMI, AWET MUDA


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Komentar :

Tambah Komentar





Top