Top Banner Advertisement

MENGENAL LEBIH JAUH PRODUK GOOGLE ; GOOGLE'S SEARCH


MENGENAL LEBIH JAUH PRODUK GOOGLE: GOOGLE’ S SEARCH

Google search adalah mesin pencari di web yang dimiliki oleh Google Inc., seringkali disebut Google Web Search atau Google saja. Google merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan dalamWorld Wide Web, menangani lebih dari tiga miliar pencarian setiap hari . Sejak February 2015 google merupakan mesin pencari paling banyak digunakan di Amerika Serikat dan menguasai 64,5% pangsa pasar.

Sampai batas tertentu, susunan pencarian pada halaman hasil berdasarkan peringkat prioritas yang disebut "PageRank". Mesin Pencari Google memberikan banyak pilihan berbeda untuk pencarian sesuai kebutuhan, dengan menggunakan operator Boolean operators seperti: exclusion ("-xx"), alternatives ("xx OR yy OR zz"), dan wildcards ("Winston * Churchill" returns "Winston Churchill", "Winston Spencer Churchill", etc.). Pilihan yang sama dan yang lainnya dapat di tetapkan dengan cara berbeda dalam halaman Pencarian Selanjutnya.

Tujuan utama Google Search adalah memburu teks dalam dokumen yang dapat diakses semua orang dan tersedia dalam web servers, berbeda dengan data lain seperti gambar atau data yang termuat dalam database. Google Search pada awalnya dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997. Google Search memnyediakan beberapa fitur lebih dari hanya pencarian kata. Hal ini termasuk banyak sinonim, ramalan cuaca, zona waktu, persediaan kutipan, peta, data gempa bumi, waktu pertunjukan bioskop, bandara, daftar rumah yang dijual, dan skor angka pertandingan olah raga. Ada fitur khusus untuk angka, tanggal, dan berbagai bentuk spesifik, termasuk batasan variasi, harga, temperatur, konversi uang dan konversi unit pengukuran, perhitungan, penyusuran paket, berbagai patent, kode area, dan penerjemhan bahasa. Pada bulan Juni 2011 Google memperkenalkan "Google Voice Search" untuk mencari dengan kata yang diucapkan bukan dengan yang diketikkan. Pada bulan Mei 2012 Google memperkenalkan fitur Knowledge Graph Semantic Search di Amerika Serikat.

Analisis frekuensi istilah pencarian dapat menunjukkan trend ekonomi, sosial, dan kesehatan. Data tentang frekuensi penggunaan istilah dalam pencarian ternyata menunjukkan korelasi dengan serangan wabah flu dan tingkat pengangguran, dan menyediakan informasi lebih cepat daripada metode dan survai pelaporan tradisional.

Banyak pesaing Google termasuk Baidu dan Soso.com di China; Naver.com dan Daum Communications di Korea Selatan; Yandex di Russia; Seznam.cz di Czech Republic; Yahoo! di Jepang, Taiwan dan Amerika Serikat, juga Bing dan DuckDuckGo. Beberapa mesin pencari yang lebih kecil menawarkan fasilitas yang tidak tersedia dalam Google, misalnya tidak menyimpan jejak penelusuran information.

PageRank

Melesatnya kesuksesan Google terutama berkat algoritma yang dipatenkan, algoritma tesebut bernama PageRank dengan peran membantu menempatkan halaman situs yang cocok dengan rangkaian pencarian. Dulu ketika Google merupakan projek riset Stanford, nama julukannya adalah BackRub karena teknologinya mengecek backlinks untuk menentukan pentingnya sebuah situs. Sebelumnya metoda memberi peringkat hasil pencarian berdasarkan kata kunci digunakan oleh banyak mesin pencari yang pernah lebih populer daripada Google, metoda ini memberi peringkat pages dengan cara berapa sering istilah pencarian muncul dalam page tersebut,atau dengan berapa kuat keterkaitan istilah pencarian dalam setiap page hasil pencarian. Algoritma PageRank bukan menganalisis link (keterkaitan) yang dihasilkan manusia, sebaliknya algoritma ini berasumsi bahwa web pages yang terkait dengan banyak page penting punya kemungkinan page itu sendiri penting. Algoritma menghitung skor rekursif, berdasarkan jumlah nilai penting yang dihasilkan PageRanks akibat pages yang terhubung pada page tersebut. PageRank dianggap berkorelasi erat dengan konsep manusia tentang nilai penting. Selain PageRank, tahun demi tahun Google menambahkan banyak kriteria rahasia untuk menetapkan peringkat pages pada daftar hasil, tercatat lebih dari 250 indikator yang berbeda, detail tepat dari kriteria tersebut dijaga tetap rahasia untuk mencegah para pengirim spam membuat masalah dan membantu Google agar tetap unggul dari para pesaingnya secara global.

 

  • Judul : MENGENAL LEBIH JAUH PRODUK GOOGLE ; GOOGLE'S SEARCH
  • Di tulis oleh :
  • Tanggal : 04 April 2015
  • Kategori : Wawasan IT
  • Tags : GOOGLE SEARCH, PAGERANK, LARRY PAGE, SERGEY BRIN


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Komentar :

Tambah Komentar





Top