Top Banner Advertisement

CARA ASYIK BELAJAR MEMBACA


CARA ASYIK BELAJAR MEMBACA

Selalu ada dua sisi pada mata uang, selalu ada sisi baik dan buruk dalam suatu hal. Begitu pula pada teknologi, di satu sisi teknologi mempermudah kehidupan manusia di sisi lain teknologi semakin membuat manusia jarang bergerak. Misalnya, banyak anak lebih memilih main game komputer daripada bermain berlarian bersama teman-temannya di taman. Melarang anak agar tidak bermain game sama sekali adalah satu hal yang mustahil di zaman sekarang ini. Jalan keluar yang bijak untuk mengurangi dampak buruknya adalah membatasi waktu bermain game komputer anak Anda. Pilihan lain untuk meminimalkan dampak buruk dan memaksimalkan dampak baik teknologi adalah memilih permainan yang bersifat mendidik atau bersifat menambah pengetahuan, istilah kerennya edutainment. Pilih permainan yang tidak hanya bersifat menghibur tetapi juga menambah ilmu. Bagaimanapun game komputer telah mengubah cara anak belajar. Seiring dengan permainan digital yang telah dikenal lebih dari 25 tahun terakhir.

Selaras dengan tujuan menciptakan game yang bersifat mendidik maka dibuatlah aplikasi “Laut ABC” berbasis Android. Nama game “Laut ABC” diambil karena game pengajaran alpabet ini mengunakan tema laut sebagai latar belakang. Game edukatif ini dapat digunakan sebagai sarana alternatif untuk belajar alpabet dengan cara menarik dan menyenangkan. Berbeda dengan cara konvensional yang menggunakan buku, belajar alfabet dengan aplikasi ini menggunakan mobile gadget, alat yang selalu menarik bagi anak. Oleh karena aplikasi ini berbentuk game diharapkan jadi jauh lebih menarik lagi bagi anak. Jika anak belajar dengan hati senang maka hasilnya akan lebih optimal. Menyampaikan materi pelajaran dengan cara bermain lebih efektif bagi anak usia dini.

Maka aplikasi “Laut ABC” ini dapat menjadi pilihan tepat bagi orang tua yang ingin memperkenalkan huruf bagi anaknya. Harapan kami game ini tidak hanya bersifat edutainment yang mendidik tapi lebih banyak unsur bermainnya, melainkan lebih merupakan cara belajar yang menyenangkan, playful learning. Dengan cara ini anak mendapatkan ilmu sambil bermain, mereka tidak merasa sedang belajar. Sebagaimana dikatakan Roger dan Sharapan dalam Sharon Devary : Play is serious matter. It is an expression of creativity; and creativity is at very root of our ability to learn, to cope, and to become whatever we may be. Suasana jadi santai yang membuat ilmu yang diajarkan jadi lebih banyak terserap dibanding jika pelajaran diberikan dalam suasana tegang.

Agar aplikasi “Laut ABC” ini memenuhi kebutuhan user maka sebelum pembuatan aplikasi dirancanglah questioner dan wawancara untuk menjajaki aplikasi seperti apa yang dinginkan user. Hasil questioner dan wawancara memandu mahasiswa merancang bentuk game yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dibuatlah game yang sesuai dengan anak usia dini yang perlu belajar mengenal huruf secara menyenangkan. Game dibuat dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar sesuai dengan pilihan responden. Aplikasi belajar huruf bagi anak yang saat ini telah ada dalam google playstore sebagian besar dibuat dalam bahasa Inggris. Game menggunakan huruf kapital dipilih responden sebagai sarana pengenalan huruf pada anak. Game juga mengenalkan urutan cara penulisan alfabet yang dianggap penting sebagai sarana anak belajar. Agar menarik dan tidak membuat jenuh maka game dikemas jadi game interaktif yang dilengkapi dengan musik, animasi, dan score sehingga anak senang dan tertantang untuk belajar. Game dilengkapi dengan belajar cara pelafalan, penulisan alfabet yang benar, serta memfasilitasi anak untuk dapat melatih apa yang telah dipelajari. Agar fleksibel dapat digunakan di mana saja dan kapan saja, Game “Laut ABC” ini dikembangkan dengan platform Android dalam komputer tablet.

 

Para ahli riset di bidang pendidikan dan psikologi telah banyak menulis tentang keuntungan bermain sebagai bagian tak terpisahkan dalam pembelajaran anak. Kenyataan ini semoga membuat para pendidik tidak ragu lagi untuk memasukkan permainan ke dalam metoda pengajaran mereka. Aplikasi game “Laut ABC” ini bisa dijadikan alat bantu ajar untuk menarik minat anak belajar mengenal huruf. Kendati belum dipublikasikan secara komersil, game “Laut ABC” ini telah selesai dibuat sebagai tugas akhir dalam program sarjana srata satu di Bina Nusantara University Fakultas Ilmu Komputer. Semoga game ini dan berbagai game serupa dapat disempurnakan dan tersedia di playstore sehingga bisa menjadi pilihan bijak sebagai permainan yang mencerdaskan.

 

Reference:

Harnani Mat Zin & Nor Zuhaidah M. The effect of edutainment towards student achievement. Faculty of Information & Communication Technology Universiti Pendidikan Sultan Idris. www. Academica. Edu

 

Christian Antonius & Raddy Juniandrovan Gallandra. Android Based Educational “Laut ABC” Game Application Of Introducing Alphabet on Reading Learning. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara.

 

 

  • Judul : CARA ASYIK BELAJAR MEMBACA
  • Di tulis oleh :
  • Tanggal : 22 Agustus 2015
  • Kategori : Wawasan IT
  • Tags : Apllication, Educative, Alphabet, Android, Edutainment, Playful Learning, Belajar Membaca


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Komentar :

Tambah Komentar





Top