Top Banner Advertisement

CARA ALAMI MENGOBATI JERAWAT AGAR KULIT SEHAT MULUS KENCANG BEBAS KERIPUT


CARA ALAMI MENGOBATI JERAWAT AGAR KULIT SEHAT MULUS KENCANG DAN BEBAS KERIPUT

 

Tidak hanya wanita tetapi pria pun tentunya ingin memiliki kulit cantik, bersih, bebas segala gangguan termasuk jerawat. Sebenarnya jerawat adalah gangguan kulit biasa dengan ciri bintil kemerahan yang biasanya muncul di wajah, dada, dan punggung. Jerawat muncul apabila kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri. Jadi salah satu penanggulangan jerawat adalah dengan rajin membersihkan kulit, terutama kulit wajah yang sering terkena gangguan ini. Jerawat biasanya timbul ketika usia purbertas, paling banyak, yakni 85 % diderita oleh orang berusia 12-25 tahun. Biasanya jerawat akan mereda seiring penderita bertambah usia. Bakteri penyebab jerawat adalah Propionibacterium Acne. Pada usia remaja hormon Androgen meningkat, ini menyebabkan kelenjar kulit memproduksi minyak berlebihan. Kelebihan minyak tersebut tercampur dengan sel kulit mati, kotoran, atau komedo dan menutupi pori-pori. Ketika sumbatan ini diserang oleh bakteri Propionibacterium Acne maka terbentuklah jerawat yang meradang.

Banyak faktor berpengaruh pada tImbulnya jerawat. Tidak ada makanan yang menyebabkan jerawat tetapi makanan tertentu memicu jerawat. Kosmetik untuk kulit dan rambut berbahan dasar minyak dapat membuat jerawat lebih parah. Jadi jika Anda cenderung berjerawat sebaiknya memilih make up dengan bahan dasar tidak mengandung minyak, lebih baik memilih kosmetik dengan bahan dasar air. Obat-obatan tertentu pun dapat berefek samping timbulnya jerawat, yakni obat antidepresi, antibiotik, obat minum untuk kontrasepsi, obat penenang, hormon testoteron sintetis . Hindari sabun kasar, memencet jerawat, mengosok jerawat, karena hal tersebut akan memperburuk kondisi kulit berjerawat. Pada gadis, penyakit yang terkait hormon dapat memperburuk kondisi kulit berjerawat. Akibat perubahan hormon, jerawat juga dapat timbul sebelum menstruasi, selama kehamilan, dan saat menopause. Lingkungan kotor, berkeringat di udara panas dan berdebu juga memperparah jerawat. Stres yang menganggu emosi juga membuat jerawat semakin buruk kondisinya.

Gangguan jerawat dialami ketika hormon testoteron meningkat dalam tubuh. Namun jangan khawatir, jerawat dapat diobati dari dalam dan dari luar, yakni dengan obat minum dan masker wajah. Obat minum alami yang dapat mengobati jerawat bisa dibuat sendiri. Ramuan terdiri dari berbagai bahan dari tanaman obat. Ramuan dibuat dengan menggunakan alat-alat yang bukan dari logam. Setiap kali membuat gunakan bahan baru, bahan hanya bisa digunakan satu kali. Ramuan minum: 1 gr Adas Foeniculum vulgare. 1,5 gr Temukunci Kaempferia panduratum. 5 gr Jahe Zingiber officiale. 5 gr Kayu secang. 1,5 gr Kapulaga Amomum cordamomum. 1,5 gr Daun Sembung. Rebus semua bahan dalam 500 ml air hingga tersisa 250 ml air. Minum selagi hangat antara pukul 18.00- 19.00. Hasil akan terlihat dalam 3- 6 bulan. Pengobatan dari luar dengan menggunakan masker. Bahan-bahan untuk masker sebagai berikut: 1 gr Adas Foeniculum vulgare. 5 gr Temukunci Kaempferia panduratum. 5 gr Temugiring Curcuma heyneana. Kayu rapet Parameria laevigata. 5 gr Pulosari Alyxia reindwrdtii. 5 gr Klembak Rheum officinale. Haluskan semua bahan. Campur 1 sendok makan serbuk ramuan dengan air secukupnya, oleskan merata pada wajah. Diamkan 15 menit. Gunakan 1-2 kali seminggu. Kondisi kulit membaik seiring dengan pengelupasan kulit yang menghilangkan noda selama 3-6 bulan.

Ramuan tersebut terdiri berbagai bahan. Namun, artikel ini hanya membehas salah satu bahan ramuan di atas, yakni Adas. Sebab, adas dapat dimanfaatkan untuk perawatan kulit secara tersendiri tanpa bahan lainnya. Adas mempunyai sifat anti-radang yang sangat kuat sehingga dapat menyembuhkan radang, baik radang internal maupun eksternal tanpa menimbulkan efek samping. Hal ini disebabkan karena adas mengandung anethole yang berperan sebagai flavonoid yang bersifat anti-radang yang sangat kuat. Selain Anethole, Adas juga mengandung estragole, dan fenshon sehingga mempunyai sifat farmakologi seperti anti radang, antioksidan, anti cancer, antifungal, anti bakteri dan efek estrogenik. Sifat antioksidan yang menghambat radikal bebas dimiliki adas juga karena tingginya kadar polyphenol dan flavonoids dalam herbal ini. Semua itu membuat adas sangat bermanfaat untuk mendapatkan kulit cantik sempurna. Adas yang relatif murah dan mudah didapat ini menyediakan dampak yang menakjubkan bagi kulit. Adas kaya akan serat dan anti oksidan serta mengandung berbagai mineral seperti besi, tembaga, selenium, potasium, magnesium, zinc, vitamin C, A, dan E.

Sifat dan kandungan Adas memberikan efek yang menakjubkan bagi kulit. Hal yang membuat Adas dapat membantu mencegah timbulnya jerawat adalah sifat antiseptik yang secara alami dikandungnya dan banyak mengandung anti oksidan. Tidak hanya mencegah kulit berjerawat tetapi juga mencegah kerusakan sel, sambil tetap menjaga kekencangan kulit. Maka gunakan adas sebagai bagian dari perawatan kulit agar dapat menunda timbulnya garis-garis di wajah, noda gelap dan keriput. Efek anti penuaan ini telah dibuktikan dengan penelitian. Seorang peneliti mengembangkan formula mengandung 4 % biji adas ekstrak. Data penelitian pendukung yang terkait dengan kelembaban kulit dan transepidermal water loss (TEWL) menunjukkan formula ini memberikan efek anti penuaan (antiaging) yang sangat menonjol. Energi parameter tekstur menunjukkan peningkatan yang signifikan, ini membuktikan formula tersebut memiliki efek anti penuaan yang mungkin bisa dikembangkan. Berbagai bentuk adas dapat Anda konsumsi untuk mendapatkan kulit berkilau dan sempurna tanpa noda. Adas yang memberikan efek mendinginkan kulit saat dikonsumsi dapat meredakan radang dan iritasi kulit. Tekstur kulit secara keseluruhan jadi lebih baik apabila adas diminum teratur setiap hari, caranya dengan menyeduhnya memakai air panas seperti halnya membuat air teh. Perawatan ini mengobati jerawat dan membuat kulit tampak awet muda. Adas tidak hanya membuat awet muda dalam penampilan luar, tetapi juga menghindarkan Anda dari kepikunan dengan meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Hal ini dibuktikan dengan percobaan. Penelitian menunjukkan ekstrak adas secara signifikan menghambat enzim acetycholinesterase, sehingga dapat disimpulkan adas dapat digunakan untuk perawatan gangguan kognitif seperti dementia dan Alzheimer.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, Adas dapat merawat kulit dengan cara dikonsumsi dapat pula dengan dijadikan masker wajah. Sebagai masker wajah adas dapat dikombinasikan dengan bahan lain seperti telah dipaparkan, dapat pula hanya dengan dicampur air. Caranya tambahkan satu sendok adas ke dalam satu liter air mendidih dalam baskom atau wadah lain. Merunduklah di atas baskom tersebut, dekatkan wajah untuk mendapatkan uapnya dan tutup seputar kepala dan leher dengan handuk sehingga uap adas sepenuhnya mengenai wajah. Uap adas ini memberi manfaat wajah menjadi bersih dan berkilau. Lakukan ini dua kali dalam satu minggu untuk membersihkan pori-pori dan mengkilapkan wajah. Cara lain, tambahkan satu sendok adas ke dalam setengah cangkir air mendidih. Biarkan selama 30 menit. Tambahan satu sendok oatmeal dan satu sendok madu ke dalam larutan tersebut. Campurkan semua bahan sehingga halus merata dan oleskan pada wajah. Biarkan menempel di wajah selama 20 menit. Basuh dan bersihkan dengan air hangat.

Betapa pun semua bahan ini alami, Anda harus tetap berhati-hati menggunakan apa pun ke dalam tubuh Anda. Hentikan segera pemakaian jika ada tanda-tanda alergi. Apabila Anda sedang hamil, menyusui atau mengalami kondisi hormon sensitif berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengonsumsi adas ini. Kendati demikian, ada penelitian yang menunjukkan adas secara tradisional digunakan untuk peningkatan ASI. Adas tidak hanya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI, tetapi juga untuk meningkatkan aliran susu dari ibu menyusui. Hal ini disebabkan karena Anethole sebagai bahan utama adas mempunyai kemiripan struktur dengan dopamine. Dopamine bertindak mencegah sekresi prolaktin, hormon yang memproduksi susu. Anethole karena kemiripan strukturnya dapat bersaing dengan dopamine sehingga menghambat aksi anti-sekresi dopamine pada prolaktin. Dengan cara bersaing dengan dopamine ini, anethole memperlancar keluarnya ASI.

Semoga dengan membaca artikel ini Anda berkesimpulan merawat kulit tidaklah sulit. Beberapa bahan yang tersedia di dapur dapat membuat Anda memanjakan kulit Anda dan membuat kecantikan Anda terpancar indah. Bahan dapur yang dibahas dalam artikel ini adalah Adas. Walaupun artikel ini membahas manfaat adas untuk perawatan kulit tetapi ternyata banyak manfaat lain yang tak kalah penting seperti memperlancar produksi susu, mencegah kanker, serta mencegah dementia dan alzheimer.

 

 

  • Judul : CARA ALAMI MENGOBATI JERAWAT AGAR KULIT SEHAT MULUS KENCANG BEBAS KERIPUT
  • Di tulis oleh :
  • Tanggal : 19 November 2016
  • Kategori : Herb and Health
  • Tags : ANTI-ACNE, FENNEL FOENICULUM VULGARE, ADAS, ANTIOKSIDAN, PELANCAR ASI, ANTI KERIPUT, KULIT CANTIK, KULIT SEHAT, ANTI OKSIDAN, ANTI RADANG


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 Komentar :

Tambah Komentar





Top