Top Banner Advertisement

Rendang Daging


Resep Rendang Daging

Bahan:

1 kg daging sapi sengkel atau paha potong 5 x 5 x 2 cm. 1 lembar daun kunyit. 3 lembar daun jeruk. 1 cm kayu manis utuh. 1/8 sendok teh pala bubuk. 3 butir cengkeh. 1000 ml santan dari satu butir kelapa. 500 ml santan dari 1 butir kelapa.

Bumbu halus:

15 buah cabai merah. 1 tangkai serai iris halus. 12 siung bawah merah. 5 siung bawang putih. 1/2 sendok teh ketumbar. 3 cm jahe. 4 cm lengkuas. 1 1/2 sendok teh garam. 1 sendok teh gula pasir.

Cara Membuat:

Rebus bumbu halus di dalam 1000 ml santan sampai mendidih. Masukkan daging, daun kunyit, daun jeruk, kayu manis, pala, dan cengkeh sambil diaduk sekali-kali. Setelah kuah mengental dan keluar minyak tuang 500 ml santan kental dan masak lagi hingga matang dan mengering.

Tips Seputar Rendang:

1. Jenis daging yang cocok untuk dibuat rendang adalah: sengkel, paha, atau lamusir. Namun, berdasarkan pengalaman hasil yang paling enak bisa didapatkan dari daging lamusir. Ketiga jenis tersbut sebenarnya bagus tetapi bagi saya rendang dari daging sengkel terlalu berurat, rendang dari daging paha rasanya agak hambar meskipun bentuknya paling bagus. Paling enak rendang dari daging lamusir, rasanya paling meresap dan keempukannya tepat.

2. Mengenai jumlah daging, satu kilo daging biasanya dibuat 20-25 potong. Biasanya jika tujuannya untuk jamuan parasmanan daging dibuat agak kecil, sedangkan untuk nasi kotak daging dibuat agak besar dengan tujuan bisa dimakan lebih dari satu orang. Namun, jika Anda membuat rendang untuk dikirim ke keluarga atau anak yang sedang kos di luar kota sebaiknya potongan dibuat agak besar. Sebab, rendang yang akan dikirim pasti harus dikeringkan, pengeringan butuh waktu memasak yang agak lama jadi agar tidak hncur potongan harus agar besar.

3. Rendang adalah masakan yang membutuhkan waktu dan energi yang banyak saat memasaknya, maka saya sendiri memilih untuk memasak dalam jumlah banyak agar energi yang dikeluarkan terbayar. lagipula rendang adalah masakan yang awet dalam suhu ruang selama berminggu-minggu. Agar tidak bosan, kita dapat menyelinginya dengan masakan lain. Maka minimal jumlah daging yang dimasak 2 kilo. Namun, untuk bumbu dan santan yang digunakan jumlahnya sama untuk jumlah daging 2 kilo atau 3 kilo. Jika pun ingin bumbunya ditambah jangan terlalu banyak terutama santan, khawatir daging jadi hancur karena terlalu empuk. Apabila Anda ingin rendangnya tidak terlalu pedas buang sebagian atau semua biji cabai, tergantung tingkat kepedasan yang Anda inginkan.

4. Agar menghemat sedikit waktu dan tenaga saya memilih cabai yang sudah digiling dipasar, tetapi sebaiknya Andab langsung memilih cabainya kemudian cabai tersebut digiling saat itu juga. Deangan demikian kita yakin cabai yang digunakan cabai yang segar. Begitu pula dengan ir santan, kita bisa memilih kelapa tua yang kita inginkan kemudian digiling langsung hingga keluar santannya, bukan kelapa parut. Maka kita pun banyak menghemat waktu dan tenaga. Namun, untuk bumbu halus lain sebaiknya diulek langsung. Saya berpendapat jika bumbu halus didapat dengan cara diblender rasanya kurang enak karena sarinya tidak keluar.

5. Rendang adalah jenis masakan yang sangat tepat untuk persediaan makanan anak atau keluarga yang tinggal jauh di luar kota dan sulit memasak sendiri. Untuk tujuan ini tentunya rendang perlu dikemas khusus agar awet tahan lama. Cara mengwetkan rendang. Pertama masukkan rendang ke dalam plastik tahan panas kemudian udara didlamnya divakum. Dengan demikian tidak ada udara yang membuat bakteri/mikroba dapat hidup. Lalu lakukan sterilisasi dengan cara mengukusnya. Vakum untuk skala keluarga tersedia dengan harga di bawah 2 juta. Sterilisasi dapat pula dilakukan dengan cara ultra panas tingkat tinggi dan tekanan tinggi. Dengan cara vakum dan sterilisasi rendang dapat bertahan 9 bulan sampai 12 bulan (satu tahun). Rendang dapat disimpan dalam kaleng bekas biskuit. Tentunya kaleng biskuit ini harus dibersihkan terlebih dahulu.

 

  • Judul : Rendang Daging
  • Di tulis oleh :
  • Tanggal : 08 Juli 2014
  • Kategori : Resep Makanan dan Minuman
  • Tags : Resep Daging Rendang, Masakan Indonesia, Indonesian Food


Top